Monday, November 11, 2013

Resensi Buku : Christian Pradana Rampalodji

Nama                      : Christian Pradana Rampalodji
NIM                       : 692013053
Kelas                      : ID102K – Bahasa Indonesia
TUGAS RESENSI BUKU

Judul                                     : Role Playing Game (RPG) Maker
Pengarang                             : Jasson
Penerbit                                : ANDI Yogyakarta
Tahun Penerbitan                  : 2009
ISBN                                   : 978-979-29-0839-8
Tebal Buku                          : 208 Halaman + Cover
Isi                                        :
                Bagian pendahuluan membahas tentang pengertian dan pengembangan game dari game pertama sampai game-game yang ada saat ini. Pada bab ini dijelaskan bahwa game pada komputer dibuat pertama kali sekitar tahun 1970-an dimana game hanya berbentuk teks yang bergenre puzzle game atau permainan teka teki, lalu berkembang dengan genre yang sama tetapi sudah menggunakan gambar. Selain itu terdapat tujuan-tujuan dalam pembuatan game seperti misalnya game yg dibuat untuk edukasi. Setelah iu dilanjutkan dengan pengenalan semua genre-genre game yang ada saat ini.
                Lalu pada bab 1 lebih dalam lagi dikenalkan elemen-elemen pokok yang ada pada setiap game seperti judul, credits, cutscene, intro, control panel, dll. Setelah itu dilanjutkan dengan penjelasan tentang konsep-konsep yang ada pada saat mengembangkan sebuah game.
                Setelah itu di Bab 2 dijelaskan siapa saja yang terlibat dalam pembuatan sebuah game. Dalam bab ini dipaparkan bahwa terdapat 4 tim utama pengembangan game yaitu Designer, Progammer, Artist, dan Sound/Audio Enginering). Lalu dikenalkan juga dengan platform-platform game dimana game nantinya akan dijalankan.
                Dan di bab 3 baru dikenalkan apa itu RPG game dimana RPG merupakan salah satu genre game yang paling disegani oleh anak-anak maupun orang dewasa. Dan dijelaskan elemen-elemen apa saja yang terdapat dalam sebuah RPG yang membedakan game RPG dengan genre game lainnya seperti Storyline dimana dalam sebuah cerita game RPG kita memainkan tokoh yang nantinya akan menjadi seorang pahlawan, lalu ada battle sistem dimana didalamnya terdapat dua jenih sistem yaitu wait-and-see battle dan real-time-battle, setelah itu terdapat Menu Sistem, Status Effect, dan Kategori-kategori yang terdapat pada game RPG.
                Pada BAB 4 lebih disinggung kepada cara menginstal dan interface sebuah RPG Maker 2013.
                Pada bab 5 kita sudah mulai belajar sistem RPG Maker dan dijelaskan system basis data pada RPG Maker 2013. Sebuah game RPG harus memiliki basis data (database) atau kumpulan data-data yang berperan sangat penting dalam pembentukan sebuah game RPG. Setelah itu dibahas tahapan-tahapan utama dalam basis data.
                Lalu pada Bab 6-8 dijelaskan lebih dalam pembuatan sebuah RPG seperti pembuatan plot utama bagi RPG, menjelaskan basis data untuk karakter utama, menjelaskan basis data untuk musuh beserta teknis, lalu dijelaskan juga cara mengolah map dalam RPG dan mengkombinasikan tileset didalamnya.

                Pada bab 9-10 penulis lebih menjelaskan bagaimana menjadi seorang sutradara game yang memiliki tugas untuk membuat sebuat alur cerita yang menarik dan tidak terkesan membosankan. Dalam bab ini juga dijelaskan sedikit bahasa pemrograman sederhana bagi RPG maker untuk membuat sebuah dialog maupun pilihan/option di dalam sebuah RPG. Lalu dilanjutkan dengan menentukan animasi, suara dan music agar pemain tidak cepat merasa bosan saat memainkan game RPG.

No comments:

Post a Comment